Tuesday, May 10, 2011

Marta Graham, Seorang Koreografer Legendaris yang Tanggal Ultahnya Dirayakan Oleh Google

Martha Graham (11 Mei 1894 - 1 April 1991) adalah seorang koreografer penari Amerika dianggap sebagai salah satu perintis tari modern terkemuka, yang pengaruhnya pada tari dapat dibandingkan dengan pengaruh Stravinsky itu pada musik, Picasso telah di seni visual , atau Frank Lloyd Wright telah di arsitektur Graham pemain galvanizing, seorang koreografer gerakan mengejutkan.. Dia menciptakan bahasa baru gerakan, dan menggunakannya untuk mengungkapkan gairah, kemarahan dan ekstasi umum untuk pengalaman manusia. Dia menari dan koreografer selama lebih dari tujuh puluh tahun, dan selama waktu itu adalah penari pertama yang tampil di Gedung Putih, penari pertama yang pernah bepergian ke luar negeri sebagai duta budaya, dan penari pertama yang menerima penghargaan sipil tertinggi USA: Medal of Freedom. Dalam hidupnya ia menerima gelar kehormatan mulai dari kunci ke Kota Paris untuk Jepang Imperial Order of the Crown Precious. Dia berkata, "Aku telah menghabiskan seluruh hidup saya dengan tarian dan menjadi penari Ini memungkinkan kehidupan untuk menggunakan Anda dalam cara yang sangat intens.. Kadang-kadang tidak menyenangkan. Kadang-kadang menakutkan. Tapi bagaimanapun itu tidak bisa dihindari."




Biography

Kehidupan awal

Martha Graham lahir di Pittsburgh, Pennsylvania pada tahun 1894. Ayahnya George Graham adalah apa yang di era Victoria dikenal sebagai "ahli penyakit jiwa," bentuk awal dari Psikiatri. Para Grahams adalah Presbiterian ketat. Dr Graham adalah generasi ketiga Amerika keturunan Irlandia dan ibunya Jane Beers adalah keturunan generasi kesepuluh dari Puritan Miles Standish. Dengan gaji seorang dokter, para Grahams memiliki standar hidup yang tinggi. Dr Graham sering dibawa pulang untuk strawberry istrinya di tengah musim dingin saat mereka sangat eksotis dan sulit didapat. Martha sangat tidak dianjurkan dari mempertimbangkan setiap karir dalam seni pertunjukan. [Rujukan?]
[Sunting] Sebuah era baru dalam tarian
Foto oleh Yousuf Karsh, 1948

Pada tahun 1925, Martha bekerja di George Eastman Sekolah Desain mana Rouben Mamoulian adalah kepala School of Drama. Diantara pertunjukan lainnya, bersama-sama mereka menghasilkan dua warna film pendek berjudul The Flute of Krishna, menampilkan siswa Eastman. Mamoulian kiri Eastman segera sesudahnya dan Graham memilih untuk pergi juga, meskipun ia diminta untuk tinggal di.

Pada tahun 1926, Martha Graham Pusat Tari Kontemporer didirikan. Salah satu murid nya ahli waris Bethsabée de Rothschild dengan siapa dia menjadi teman dekat. Ketika Rothschild pindah ke Israel dan mendirikan Batsheva Dance Company pada 1965, Graham menjadi direktur pertama perusahaan. Pada tahun 1936, Graham membuat karyanya mendefinisikan, "Chronicle", yang menandai awal dari sebuah era baru dalam tari kontemporer. Tarian ini membawa masalah serius ke panggung untuk masyarakat umum secara dramatis. Dipengaruhi oleh Wall Street Crash, Depresi Besar dan Perang Saudara Spanyol, itu difokuskan pada depresi dan isolasi, tercermin dalam sifat gelap baik set dan kostum.

Karyanya skala terbesar, malam panjang Clytemnestra, diciptakan pada tahun 1958, dan fitur skor oleh komposer kelahiran Mesir Halim El-Dabh. Dia juga berkolaborasi dengan komposer termasuk Harun Copland, seperti di Appalachian Spring, Louis Horst, Samuel Barber, William Schuman, Carlos Surinach, Norman Dello Joio, dan Gian Carlo Menotti ibu [2] Graham meninggal. Di Santa Barbara pada tahun 1958. Temannya tertua dan musik kolaborator Louis Horst meninggal pada tahun 1964. Dia berkata tentang Horst "simpati-Nya dan pemahaman, tetapi terutama imannya, memberi saya lanskap untuk memindahkan masuk Tanpa itu, saya seharusnya sudah hilang." desainer pencahayaan Graham Jean Rosenthal meninggal karena kanker pada tahun 1967.

Gaya tarian Graham didasarkan pada kontraksi dan rilis tubuh. Dia membenci "tari modern" dan lebih suka istilah "tari kontemporer." Dia berpikir konsep apa yang "modern" selalu berubah dan dengan demikian tidak tepat sebagai definisi.

Untuk sebagian besar hidupnya Graham menolak pencatatan tarian dan tidak mengizinkan mereka untuk difilmkan atau dipotret. Dia percaya kinerja harus ada hanya hidup di panggung dan bukan dalam bentuk lainnya. Pada satu titik dia bahkan dibakar volume buku harian dan catatan untuk mencegah mereka dari yang terlihat. Ada beberapa pengecualian. Sebagai contoh, ia bekerja secara terbatas dengan tetap fotografer, Imogen Cunningham di tahun 1930-an, dan Barbara Morgan pada 1940-an. Graham dianggap foto Philippe Halsman tentang "Dark Meadows" rekaman foto paling lengkap dari setiap tarian nya. Halsman juga memotret di tahun 1940: "Surat ke Dunia", "Gua Hati", "Night Journey" dan "Setiap Soul adalah Circus." Dalam tahun kemudian dia berpikir tentang masalah ini berevolusi dan lainnya meyakinkan dirinya untuk membiarkan mereka menciptakan kembali sebagian dari apa yang hilang.

Graham memulai karirnya di usia yang dianggap terlambat untuk penari. Dia masih menari dengan akhir 1960-an, dan berbalik semakin untuk alkohol untuk menenangkan putus asa sendiri di tubuhnya menurun. [Rujukan?] Karya nya dari era ini termasuk peran bagi dirinya sendiri yang lebih bertindak dari menari dan mengandalkan pergerakan perusahaan menari di sekelilingnya. cinta Graham tari begitu mendalam bahwa ia menolak untuk meninggalkan panggung meskipun kritikus yang mengatakan dia sudah lewat dia sebagai perdana. Ketika paduan suara kritikus tumbuh terlalu keras, Graham akhirnya meninggalkan panggung. [Rujukan?]

Dalam biografinya Martha Agnes de Mille mengutip kinerja terakhir Graham sebagai malam 25 Mei 1968 di sebuah 'Time Salju'. Namun dalam biografi Life A Dancer Russell Freedman daftar tahun kinerja akhir Graham sebagai 1969. Pada tahun 1991 dia otobiografinya Darah Memori Graham sendiri daftar kinerja terakhirnya tahun 1970 penampilannya dalam "iring-iringan dari Elang" ketika dia berumur 76 tahun.

Mereka yang memiliki hak istimewa untuk melihat dia tampil di prime nya telah dibuktikan presisi, formulir dan kecemerlangan memukau sebagai penari di atas panggung. Meskipun dia dibilang salah satu koreografer paling penting dalam sejarah tari (dan mungkin salah satu seniman yang paling penting dari abad ke-20) ia selalu mengatakan bahwa ia lebih suka dikenal dan diingat sebagai penari. Dalam tahun-tahun berikutnya keberangkatannya dari tahap Graham tenggelam dalam depresi berat didorong oleh pandangan dari sayap penari muda banyak melakukan tarian dia koreografer untuk dirinya sendiri dan dia mantan suaminya Erick Hawkins. Graham kesehatan menurun drastis saat ia disalahgunakan alkohol untuk menghilangkan rasa sakitnya itu. Dalam Memori Darah ia menulis:

Tidak sampai tahun setelah saya bertahap balet yang aku tahan melihat orang lain tari itu. Saya percaya pernah melihat ke belakang, tidak pernah terlibat dalam nostalgia, atau mengenang. Namun bagaimana Anda dapat menghindarinya saat Anda melihat di atas panggung dan melihat seorang penari yang dibuat sampai terlihat seperti yang Anda lakukan tiga puluh tahun yang lalu, menari balet yang Anda buat dengan seseorang yang kemudian jatuh cinta dengan, suami Anda? Saya pikir itu adalah lingkaran neraka Dante dihilangkan.

[Ketika saya berhenti menari] Saya telah kehilangan akan saya untuk hidup. Saya tinggal di rumah sendiri, makan sangat sedikit, dan minum terlalu banyak dan diperam. Wajahku rusak, dan orang-orang mengatakan saya tampak aneh, yang saya setuju dengan. Akhirnya sistem saya hanya memberikan masuk saya berada di rumah sakit untuk waktu yang lama, banyak dari itu dalam keadaan koma.

Graham tidak hanya bertahan di rumah sakit tinggal, tetapi dia rally. Pada tahun 1972 ia berhenti minum, kembali ke studionya, reorganisasi perusahaan dan pergi ke sepuluh balet koreografi baru dan banyak kebangunan rohani. terakhir balet nya selesai tahun 1990's Maple Leaf Rag.

Dia dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada tahun 1976 oleh Presiden Gerald Ford (First Lady Betty Ford telah menari dengan Graham di masa mudanya).

Graham koreografer sampai kematiannya pada kota New York dari pneumonia pada tahun 1991 pada usia 96 [3] Dia dikremasi,. Dan abunya tersebar de sangre Cristo Pegunungan di New Mexico bagian utara.

Pada tahun 1998, Waktu terdaftar dia sebagai "Penari Abad" dan sebagai salah satu orang yang paling penting dari abad ke-20.

Materi tari yang paling diminta di New York Public Library harus melakukan dengan karya Martha Graham.

Graham dilantik menjadi Museum Nasional Tari CV Whitney Hall of Fame pada tahun 1987.

Gambar Google Doodle


Sumber :
en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment