Monday, May 23, 2011

Sebab Timbulnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata



Irisan mentimun dan facial wajah merupakan cara yang populer untuk mengusir lingkar hitam di bawah mata. Namun, jika lingkar hitam mata tak bisa hilang, Anda harus segera mencari tahu penyebab timbulnya hal tersebut.

Seperti dikutip dari laman Shine, hidung tersumbat juga bisa dikatakan sebagai biang keladi lingkaran hitam pada mata. Masalah ini bisa menggelapkan tampilan pembuluh darah yang mengalir dari mata melalui hidung, sehingga memicu timbulnya lingkar hitam.

Sakit kepala, sinus, dan sakit tenggorokan juga bisa menyebabkan timbulnya lingkar mata. Menggunakan semprotan hidung bisa menjadi solusi sementara untuk mengatasinya, namun penggunaan dalam jangka panjang tidak dianjurkan. Terlalu sering menggunakan semprotan hidung untuk meredam lingkar mata justru bisa semakin memperburuk kondisi. Mengonsumsi Antihistamin juga bisa menyamarkan lingkar hitam pada mata.

"Lingkar hitam bawah mata juga dapat menjadi tanda atopi, yang berarti orang cenderung mengembangkan kondisi seperti asma dan eksim," kata dokter mata Georgina Kourt dari Royal Australian and New Zealand College of Ophthalmologists.

Jadi jika Anda memiliki bakat alergi yang bisa menyebabkan timbulnya asma dan eksim, antihistamin dapat membantu mengurangi bengkak di mata termasuk juga meredakan lingkar hitam pada mata. Meski bisa menyamarkan lingkar hitam dibawah mata, namun tidak bisa sepenuhnya menghilangkan.

Antihistamin bekerja dengan menghalangi efek histamin, suatu zat yang dilepaskan dalam tubuh selama reaksi alergi. Namun gunakan antihistamin secara bijak untuk menghindari efek samping rasa kantuk dan mulut kering
 
Sumber :

No comments:

Post a Comment