Tuesday, May 24, 2011

Sejarah Kelam Liverpudlians


Tragedi Hillsborough mungkin adalah salah satu tragedi yang takkan terlupakan bagi Liverpool FC. Mengingat seluruh korban dari kejadian ini adalah suporter Liverpool sendiri.

Tragedi Hillsborough terjadi pada 15 April 1989. Bencana ini (seperti namanya) terjadi di Stadion Hillsborough, Sheffield, Inggris, markas dari klub Sheffield United. Saat itu, akan berlangsung partai semifinal Piala FA antara Liverpool kontra Nottingham Forest. Kapasitas utama Stadion itu adalah 40.000 orang, namun kapasitas yang diperbolehkan untuk Liverpudlians (Suporter Liverpool, red) hanya 15.000 orang. Padahal, jumlah suporter Liverpool yang hadir ke Stadion itu berjumlah lebih dari 15.000 orang. Jelas saja, suporter saling berdesakan untuk masuk ke dalam Stadion.

Pukul 14.30, suporter masih berjejalan di loket-loket, dan tentu saja membuat kericuhan tak terkendali, padahal peluit Kick-off babak 1 harus dibunyikan setengah jam lagi. Akhirnya seluruh suporter diperintahkan tetap diluar Stadion. Beberapa menit sebelum Kick-off, kepala keamanan di stadion itu meminta agar Gerbang C dibuka. Inilah awal kejadian itu. Dibukanya gerbang ini membuat suporter yang berada diluar berjejalan masuk ke dalam dan membuat semuanya tak terkendali. Dari sini, korban cedera, luka dan meninggal mulai berjatuhan. Kerumunan tadi mendesak suporter yang sudah ada di depannya lebih dahulu. Suporter pun akhirnya berhimpitan dengan pagar-pembatas di depannya, yang di tribun atas mulai terjungkal ke bawah.

Kericuhan yang semakin menjadi-jadi membuat wasit menghentikan sementara pertandingan. Pagar pembatas dijebol agar kerumunan yang terhimpit dapat segera diselamatkan ke tengah lapangan. Korban luka dibawa ke rumah sakit terdekat, sementara yang tewas dikumpulkan di lapangan dan mulai diidentifikasi. Akhirnya, pertandingan dihentikan untuk hari itu.

Kesalahan dalam pengaturan suporter serta kesalahan koordinasi, menyebabkan 96 orang tewas dan ratusan lainnya terluka, seluruhnya suporter Liverpool. Sampai saat ini, setiap tanggal 15 April, saat Liverpool akan melakukan pertandingan, akan dilakukan mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang korban yang berjatuhan di Hillsborough.

Sumber :
greentoyellow.blogspot.com

No comments:

Post a Comment