Monday, May 9, 2011

Siapakah Roger Hargreaves ?

Mr. Tickle, 1971
Roger Hargreaves atau yang bernama lengkap Charles Roger Hargreaves adalah seorang pengarang dan pembuat ilustrator untuk buku anak-anak. Roger Hargreaves sendiri lahir pada 9 Mei 1935 dan meninggal pada 11 September 1988.

Awal karir Roger Hargreaves menjadi seorang penulis adalah ketika dia bekerja sebagai direktur kreatif pada sebuah perusahaan di London tepatnya pada tahun 1971, ia menulis buku berjudul Mr Men. Buku pertamanya ini menjadi buku yang sukses dalam sekejap. Penjualannya lebih dari satu juta kopi dalam kurun waktu tiga tahun.

Pada tahun 1975, Hargreaves berhenti dari pekerjaannya, kemudian memfokuskan diri sebagai penulis buku. Pada tahun 1981 dia menerbitkan buku berjudul Litle Miss, buku ini kemudian menjadi serial televisi pada tahun 1983.

Akhir dari kehidupan Roger Hargreaves adalah pada tahun 1988. Hargreaves meninggal di Rumah Sakit Kent dan Sussex H Royal Tunbridge Wells, setelah mengalami stroke. Setelah kematiannya, anaknya Adam terus menulis dan menggambar Mr Men dan Little Miss dengan karakter dan cerita baru.

Berikut adalah daftar beberapa karya tulisan yang pernah dibuat oleh Roger Hargreaves selama masa hidupnya:
- Mr Men
- Little Miss
- Walter Worm
- John Mouse
- Albert Elephant, Count Worm and Grandfather Clock
- I am...
- Timbuctoo
- Hippo Potto and Mouse
- Easy Peasy People (Also by Gray Jolliffe)
- Roundy and Squarey

Sumber :
en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment