Tuesday, May 17, 2011

Tips Cegah Kantuk di Kantor

 
Letih, mengantuk dan sering menguap ketika di kantor hampir pernah dirasakan oleh semua pekerja. Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam kerja dapat mengganggu performa kerja Anda.

Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk saat dituntut harus produktif di kantor? Berikut tipsnya.

Minum teh hijau
Kopi sering dijadikan solusi pencegah kantuk. Tapi, terlalu sering minum kopi juga tidak terlalu baik bagi kesehatan dan menyebabkan ketergantungan. Cobalah ganti kebiasan minum kopi dengan teh hijau. Seperti dikutip Times of India, kopi mengandung L-theanine yang dapat mengurangi rasa lelah dan kantuk. Teh yang berasal dari Negri Cina itu juga dapat meningkatkan kewaspadaan kerja.


Berdiri dari kursi
Duduk di kursi selama berjam-jam membuat tubuh letih, sehingga memicu rasa kantuk. Dikutip RealBeauty, untuk menghindari kelelahan, ada baiknya rutin berdiri dari kursi untuk meregangkan otot atau berjalan sejenak di kantor. Berdirilah satu jam sekali dan satukan kedua tangan dibelakang bokong. Perlahan, lakukan perenggangan dengan menarik kedua tangan ke arah bawah dan tahan selama satu detik, kemudian lemaskan kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak enam hingga delapan pengulanagan setiap satu jam.

Tidur lima menit
Menurut dr. Hiromi Shinya, seorang pakar enzim, rasa kantuk setelah makan siang merupakan hal normal. Hal tersebut karena banyak enzim yang digunakan ketika bangun dan bergerak. Memaksakan tubuh untuk tetap bekerja malah membuat Anda kurang berkonsentrasi dan tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bila tubuh memberikan sinyal lelah atau ngantuk, sebaiknya turuti tanda tubuh tersebut.

Untuk memulihkan kondisi lemah dan letih tersebut, tubuh hanya membutuhkan tidur selama lima menit untuk mengembalikan kondisi semula. Agar istirahat yang Anda lakukan berjalan efektif, carilah tempat yang tenang, di mana Anda tidak akan terganggu. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam dan bersantailah untuk merilekskan otot-otot dalam tubuh.
 
Sumber :

No comments:

Post a Comment