Tuesday, May 10, 2011

Tips Shopping Hemat dan Cerdas

Selain untuk memenuhi kebutuhan, oleh sebagian orang kadang-kadang belanja juga  seperti menuntaskan keinginan untuk berbelanja saja. Sehingga akibatnya, budget untuk belanja sering terlewat.
Berikut dibawah ini, TIPS untuk belanja dengan hemat dan cerdas yang sebagian di ambil dari keluargacerdas(dot)com,
  1. Buat daftar belanja rutin untuk barang yang dibutuhkan setiap bulan sesuai dengan budget bulanan yang sudah dibuat.
  2. Selalu membawa daftar belanja setiap kali berbelanja and stick to it ! Hal ini penting untuk menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.
  3. Biasakan pergi berbelanja secara teratur misalnya setiap satu atau dua bulan sekali berdasarkan “kebutuhan” dan bukan “keinginan” apalagi jika hanya sekedar jalan-jalan.
  4. Berbelanjalah di pusat perkulakan daripada di minimarket. Selain ragam barang yang tersedia kurang lengkap, hargapun biasanya lebih mahal.
  5. Membeli barang dengan jumlah yang lebih banyak akan lebih menguntungkan karena lebih murah. Hal ini tentunya baru dapat dilakukan jika cash flow Anda memungkinkan.
  6. Lakukan riset untuk mendapatkan tempat belanja yang selalu memberikan harga yang paling murah dan sering berpromosi. Siapa tahu Anda mendapatkan barang yang kebetulan anda mau beli dengan harga miring.
  7. Shop smart – pandai-pandailah memilih barang yang berkualitas cukup baik dengan harga ekonomis. Jangan ragu menggunakan produk generik untuk pemakaian setiap hari seperti pembersih lantai misalnya.
  8. Jangan lupa, memilih tempat belanja yang memberikan free parking akan menambah nilai belanja hemat Anda.
  9. Jika menggunakan kartu kredit, pastikan dapat anda lunasi penuh tepat waktu.
  10. Apabila tergoda, Ingatlah selalu "spend less=save more",semakin banyak yang ditabung, semakin cepat tujuan keuangan kita tercapai.
  11. Berbelanjalah dengan cerdas! Pilih barang-barang dengan kualitas yang bagus dan cari harga untuk barang tersebut yang paling murah. Kan tidak lucu, membeli sandal murah 25 ribu, tapi setiap minggu rusak lalu beli lagi. Kenapa tidak memilih harga 100 ribu tapi bisa awet berbulan-bulan.
  12. Masih berbelanja dengan cerdas! Kalau anda memiliki credit card, periksa di lembar tagihan anda, pasti anda menemukan jumlah point dari penggunaan credit card anda. Tukarkanlah point tersebut sesuai ketersediaan dan kebutuhan anda.
  13. Dan tentang berbelanja dengan point, di Indonesia juga ada sebuah toko online yang berbelanja dengan point. Barang yang di jualpun beragam dari TV, HP, komputer hingga sepeda motor. Cara membelinya sangat mudah! Cukup mendaftar sebagai pelanggan dengan Rp. 50.000,- lalu aktifkan status pelanggan anda. Dan rekomendasikan berbelanja mudah dan cerdas itu ke rekan-rekan anda. Setiap 1 rekan yang anda rekomendasikan bergabung menjadi pelanggan, anda akan memperoleh 1 point. Kumpulkan jumlah point tersebut dan tukarkan dengan barang yang anda minati dan anda butuhkan. Info lengkapnya, kunjungi website
Sumber :
majalah harian nova

    No comments:

    Post a Comment